28 Juli 2010

Karena engkau adalah SAUDARAKU

Apa jadinya jika kamu tahu kalau kamu dilahirkan untuk melengkapi organ tubuh saudaramu yang lain?

Adalah Anna, gadis kecil berusia 11 tahun yang dilahirkan dari hasil in vitro fertilization (bayi tabung) Anna diciptakan sesuai dengan genetik kakak perempuannya yang bernama kate. Kate adalah penderita leukemia akut. Jadi Anna dilahirkan untuk diambil organ tubuhnya demi sang kakak.
Anna tidak terima, kemudian dia mengajukan gugatan kepada kedua orang tuanya. Gugatannya adalah emansipasi medis dan hak atas tubuhnya sendiri.

Cerita diatas adalah potongan cerita dari sebuah film my sister keeper. Film yang diproduksi tahun 2009 menampilkan akting cantik dari Abigail Breslin, Sofia Vassilieva, Cameron Diaz dan Alec Baldwin. Sebenarnya Dakota Fanning pernah ditawari membintangi film ini, tapi dia menolak untuk mencukur habis rambutnya sampe plontos demi peran gadis penderita kanker darah. Aku lagi ngebayangin kalau Dakota yang meranin tokoh Kate, mungkin hasilnya akan lebih luar biasa. Karena aku suka banget ma akting Dakota.

Akhir dari cerita ini diluar perkiraanku. Ternyata ikatan darah sesama saudara begitu kuat dan tidak bisa dipisahkan oleh rasa keegosian semata.

Tubuh kita memang milik kita, namun sejatinya Dia lah sang pemilik segalanya. Apapun yang dilakukan Alex dan Sara (kedua orang tua Anna dan Kate) hanyalah sebuah usaha. Penentuan adalah dari Nya. Aku salut dengan usaha keras mereka memperjuangkan kehidupan anak perempuannya. Namun mengapa mereka justru mengorbankan anaknya yang lain, walaupun si anak adalah hasil proses bayi tabung, namun dia tetap buah hati mereka juga.

lumbunghati.com

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More